Senin, 05 Januari 2009

PENAMBAHAN BERAT BADAN PADA IBU HAMIL

Halo para bunda dan calon bunda….

Mungkin ada diantara bunda yang pada saat memasuki trimester kedua, mulai merasa memerlukan pakaian – pakaian yang lebih longgar. Bahkan mungkin ada yang sudah mengalami pertambahan berat badan sejak awal masa kehamilan. Baju lamanya mulai sempit. Hal ini wajar Bunda, pasalnya tengah terjadi penambahan berat badan selama kehamilan. Selain dikarenakan oleh perkembangan bayi dalam kandungan, juga juga berasal dari cairan amonion, peningkatan volume darah, serta pembesaran rahim, payudara, dan plasenta.

Penambahan berat badan bagi calon bunda, yang dianjurkan pada kehamilan normal yakni sekitar 10 – 15 kg. Berat badan yang kurang atau jauh dari batas normal akan mengancam pertumbuhan bayi dalam rahim juga kesulitan saat melahirkan.

Nah pertumbuhan berat badan masing – masing bunda saat hamil berbeda - beda lho… jadi gak perlu takut atau pun iri kalau perkembangan tubuh bunda berbeda dengan ibu hamil lainnya. Selama tiga bulan pertama biasanya berat badan naik 1-2 kg. Triwulan kedua biasanya bertambah sekitar 6 kg dan saat tiga bulan terakhir masa kehamilan penambahan berat badan sekitar 5 kg. Tapi Bunda, angka ini cuma perkiraan saja karena pola pertambahan berat badan sangat bersifat individual.

Saat hamil, Bunda dianjurkan memperbanyak makanan yang berserat, buah2an, sayuran dan protein agar kehamilan terjaga dengan baik. Untuk Bunda yang gak suka sayuran, browsing aja di internet bagaimana mengolah sayuran hingga lezat dikonsumsi sesuai selera Bunda. Hindari konsumsi lemak dan karbohidrat berlebih karena dapat mengganggu keseimbangan zat gizi yang diperlukan janin di masa kehamilan, seperti coklat.

Oh ya .. ada kondisi yang disebut pre eklampsia. Kondisi ini dicirikan oleh adanya peningkatan tekanan darah atau hipertensi kehamilan dan protein dalam urin. Selain penambahan berat badan secara tiba – tiba, bunda yang terkena ¬pre – eklampsia juga tampak bengkak pada wajah, tumit, juga kedua kaki. Nah kalau sudah begini janin juga bisa terpengaruh, bisa menderita kekurangan aliran darah dan oksigen. Waspadai hal ini ya bunda.. kalo ada tanda – tanda di atas langsung aja bunda menghubungi dokter kandungan Bunda.

Tipsnya supaya berat badan Bunda tetap terjaga dan perkembangan janin sehat antara lain pikirkan kualitas dan kuantitas zat gizi yang terkandung dalam makanan. Sebaiknya menu sehari – sehari bervariasi, ayoo… rajin – rajinlah mengolah bahan makanan sendiri.

Ok Bunda selamat menjalani kehamilan yang menyenangkan ya ...

Salam,
Yuhyi Lestari


.

Tidak ada komentar: