Senin, 05 Januari 2009

AMANKAH ULTRASONOGRAFI (USG) ?

Halo bunda dan calon bunda ….

Beberapa hari lalu saya baru saja melihat kondisi buah hati saya melalui USG. Waah senangnya .. dokter bilang ia sehat dan aktif di dalam rahim. Bagaimana dengan Bunda? Barangkali kegembiraan ini juga pernah dirasakan oleh Bunda saat melihat sang jabang bayi yang tentu menggemaskan.

Apa sih sebenernya USG ? USG atau Ultrasonografi adalah alat untuk mendeteksi adanya objek – objek dalam tubuh dengan menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi yang diubah menjadi tampilan gambar pada monitor. Awalnya Bunda, alat ini dimanfaatkan untuk mendeteksi adanya adanya kumpulan ikan di laut dalam industri pemancingan. Dengan alat USG, Bunda dapat mengetahui usia bayi dilihat dari bentuk janin, menetukan normal tidaknya letak plasenta, posisi bayi, ada tidaknya kelainan atau cacat bawaan, juga jenis kelamin.

Nah banyak Bunda yang penasaran nih USG aman gak ya ? riset yang telah dilakukan menunjukan bahwa USG tidak berbahaya bagi wanita hamil. USG berbeda dengan sinar roentgen karena USG tidak menggunakan radiasi apapun. Tapi kalau Bunda masih khawatir terhadap pemeriksaan USG, Bunda boleh kok menolak pada pihak medis untuk menjalaninya atau mungkin mengurangi frekuensinya. Yang perlu Bunda ketahui, bila Bunda mengalami komplikasi selama kehamilan, seperti pendarahan, maka USG adalah satu – satunya cara untuk mendeteksi penyebabnya.

Ok Bunda.. selamat menikmati kehadiran sang jabang bayi ya …


Salam,
Yuhyi Lestari
www.studio-everlast.com


Sumber : Kehamilan Minggu demi Minggu; dr. Jane MacDougall

Tidak ada komentar: